Sabtu, 01 Desember 2012

Profil Rohis STIS





Perguruan Tinggi Kedinasan

PROFIL  

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada ALLAH...” (Ali ‘Imran : 110)

 

Saudaraku…

 

Dalam kebeningan gelas pemersatu hati, diantara hati-hati kita,

 

aku berhati-hati mengisinya, menuangkan manis dan segarnya iman,

 

Agar hatiku, hatimu, hati-hati kita tetap terjalin erat dalam tali ukhuwah,

 

Agar masa depan menyapa kita dengan indah,

 

Bersama dalam cita kebaikan…

Perguruan Tinggi Kedinasan

Manusia terbangun atas unsur akal, jasmani, dan ruhani. Harapan ideal setiap orang adalah kebahagian sejati yang meliputi seluruh unsur tersebut. Pancasila, UUD 1945, dan GBHN sebagai landasan kehidupan negara mengisyaratkan tuntutan sumber daya manusia (SDM) Indonesia paripurna, yaitu terwujudnya seluruh aspek yang ada pada manusia yang selaras, serasi, dan seimbang.

 

Namun, perhatian terhadap pengembangan dan pembinaan aspek ruhani manusia masih sangat kurang dibandingkan aspek jasmani dan akal. Nilai-nilai moral dan akhlak tidak tercermin secara utuh dalam diri manusia karena agama yang merupakan sumber dari nilai-nilai luhur tersebut dipahami secara parsial tidak mencakup seluruh aspek kehidupan.

 

Islam sebagai agama lengkap dan sempurna (asysyamil wa mutakamil) tidak hanya mengatur ubudiyah hubungan individu dengan Rabb Maha Pencipta, tetapi juga berisi pedoman seluruh aspek tata kehidupan manusia. Ideologi, politik, social, ekonomi, budaya, dan pertahanan keamanan semuanya diatur dalam Islam. Namun mayoritas umat Islam saat ini, sangat sedikit sekali yang memahami Islam secara komprehensif dan integral. Umumnya mereka mengetahui ilmu pengetahuan dan wawasan keislaman hanya sebagai teori yang lebih banyak diperdebatkan daripada diaktualisasikan dalam keseharian.

USM STIS 2013/2014

Oleh karena itu, sangat tepat apabila upaya penyeimbangan aspek ruhani dari aspek-aspek lainnya harus didukung, dibantu, dan dilindungi sehingga pendidikan SDM dapat bergerak secara bersama. Hal ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan dan memajukan kualitas SDM sesuai dengan fitrah insani dan fitrah ilahi.

 

Dengan tujuan mulia tersebut, maka di lingkungan STIS perlu dibentuk suatu unit untuk mengintegrasikan aktivitas dakwah Islam sebagai upaya menuntut ilmu untuk beramal sekaligus merupakan ladang amal dan ilmu yang dimiliki, yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam Sekolah Tinggi Ilmu Statistik.

 

 

TUJUAN

 

Menjadi dinamisator dan motivator segala kegiatan dakwah kampus.

Menjadi wadah pembinaan, pengembangan, dan pengoptimalan potensi diri.

Menjadi penggerak terwujudnya lingkungan islami.

 

Sumber : USM STIS 2013/2014

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar